Senin, 22 Desember 2008

Teknologi Robot Bear, Robot Penyelamat Prajurit


Inovasi teknologi di bidang rekayasa robot berkembang tiada henti. Robot terus dirancang menggantikan tugas manusia. Salah satunya Bear, robot yang diciptakan untuk menyelamatkan prajurit yang terluka di medan perang. Kehebatan Bear diperagakan di Massachusetts, Amerika Serikat, baru-baru ini.
Bear dilengkapi piranti lunak khusus yang membuatnya mengenali kondisi lapangan lewat objek yang bergerak. Tak hanya itu, robot ini juga mampu mengidentifikasi korban hidup atau mati. Bear juga mampu melindungi diri dari serangan senjata maupun bom.
Kendati ukurannya tidak terlalu besar, Bear mampu menggotong prajurit terluka. Bahkan dia diklaim mampu bekerja lebih cepat dari regu penolong. Sebab Bear diciptakan untuk melakukan yang tak dapat dilakoni regu penolong ketika perang berkecamuk.
Sejauh ini teknologi robot penyelamat prajurit ini terus dikembangkan dan dimodifikasi sesuai kebutuhan di lapangan. Bahkan Departemen Pertahanan AS sudah mengeluarkan biaya US$ 3 juta atau sekitar Rp 27 miliar untuk pengembangan model Bear yang ketiga.

3 komentar:

-Seppri- mengatakan...

Ehm.. Ada main en ma abin.. Postingnya bs sama... Emank sehati lar xan.. Hahaha... robot militer.. ehmm.. bs bantu prajurit tuh, canggih lar, mantep..... Bs ikt perang jg ga ya?? Kyk robot transformers..??

Sher-sher mengatakan...

Y...mirip ROBOCOP yg juga team kepolisian, namanya kog bear?? Aq jd pengen satu tapi tunggu keluaran terbarunya yach.. yang bentuknya bener2 TEDDY BEAR
"Hidup penyelamat"

Erita Haryani mengatakan...

Keren banget, ni kayaknya orang yang desaign robot ini udah terpengaruh ama film action.jadi klo ada orang yang jatuh/mati dalam perang bisa langsung diselamatkan.mang uda canggih banget gila..klo gini ma gak perlu pake ambulans n sukarelawan lagi buat ngenolongin orang..smuanya uda ada robot yang kerja, tapi hrgnya lumayan juga tuh..