Minggu, 14 Desember 2008


Demokrasi secara instant semakin berkembang. Bahkan di tahun 2011 mendatang, Estonia akan melakukan pemilihan presiden dengan menggunakan handphone atau ponsel. Lalu cagaimana cara kerjanya?
Raul Kidro, seorang juru bicara di SK Certification Center Estonia, mengatakan bahwa pemilihan presiden Estonia dengan menggunakan ponsel akan jauh lebih mudah dan aman. Voter hanya membutuhkan chip yang dapat diperoleh secara gratis. Chip tersebut akan memiliki digital signature, yang dapat segera mengidentifikasi voter dan memberikan otoriasasi partisipasi di system voting elektronik, juga memudahkan voter agar bisa langsung voting menggunakan sebuah pesan text.
Mobile voting bukanlah satu-satunya alat untuk melakukan voting. Terdapat metode tambahan untuk voting, yakni secara online dan voting on-site. Baik mobile voting, online dan voting on-site akan terkoneksi ke database central untuk identifikasi secara instant dan registrasi voting. Beberapa orang memang berpikir dengan adanya voting digital, maka jalan untuk worm akan terbuka. Namun, sepertinya hal tersebut bukanlah masalah yang besar, sebuah audit keamanan independent telah membuat sertifikasi proses voting, seperti yang dilakukan di Swedia dan Finlandia, proses voting yang sangat aman dan ‘tahan banting’.
Di tahun 2007 lalu, Estonia juga telah menggunakan voting online, atau yang diseut IDcard digital, dan akhirnya menuai kesuksesan. Namun, sejarah masih tetap membuktikan bahwa tidak semua atau tidak selamanya system selalu aman, terlihat ketika yang terjadi di Amerika dengan mesin voting on-site-nya.

6 komentar:

yuu kanda mengatakan...

Ciaossu!
pertama neh^^..
wew,keren ya bisa nyoblos dari HP jadi kita ga usah susah2 datang ke TPS lagi.kan rata2 orang pada males pemilu soalnya mesti meluangkan waktu buat antre..

1k54N mengatakan...

keren e


pemilu di rumah

gak perlu rrepot tungu di TPS

Adi mengatakan...

estonia lebih maju dibanding indo leh...
tapi..aman ga ya? sistem ini..
klo dibobol ma hacker..pusing de..
hacker skrg kan ebat2...cb baca d blog g...hahahaha

LZ mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
LZ mengatakan...

voting lewat Hp ya.lebih memudahkan org2 untuk melakukan pemlihan, jd pengumpulan suara lbh praktis baik bagi penyelenggara maupun pemilihnya..^^

Sher-sher mengatakan...

cia a ... le bo komen wa kai. hiks3. bole la. soalnya kan kita gak perlu capek2 ke tps agi. yah ... itung2 lebih efisien dan efektif la.